Penjelasan: Iklan Adalah

Iklan Adalah - Apakah Anda adalah salah satu orang yang sedang mencari informasi mengenai Iklan Adalah? Atau hanya iseng-iseng saja membuka internet lalu tanpa sengaja menemukan situs PakDosen ini? Terlepas mana saja yang Anda pilih, yang jelas PakDosen ucapkan selamat datang untuk teman-teman semuanya.

Mungkin ada situs lain selain situs Pakdosencoid yang juga mengulas tentang Iklan Adalah, akan tetapi berhubung Anda sudah terlanjur berada disini, maka ada baiknya jika Anda melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai, sebab ada pepatah yang bilang; "sambil menyelam minum bir" eh air. Jadi selain mendapatkan wawasan baru Anda bisa memperoleh hal lain juga hehehe. Oke, tidak usah ngelantur sana-sini lagi, yuk langsung saja disimak penjelasannya dibawah ini.

Pembahasan Lengkap Iklan Adalah

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Iklan? Mungkin anda pernah mendengar kata Iklan? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, pengertian menurut para ahli, ciri, tujuan, syarat, jenis, fungsi, manfaat, struktur dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Iklan: Pengertian, Ciri, Tujuan, Syarat dan Menuru Para Ahli Iklan

Pengertian Iklan

Iklan ialah suatu berita yang isinya memikat dan menarik ketertarikan raykat umum agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan. Berdasarkan istilah, iklan bersumber dari bahasa Yunani yang berguna membawa orang kepada pandangannya.


Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pendapat tentang pengertian iklan menurut para ahli, yakni sebagai berikut:

1. Menurut Courtland L. Bovee

Menurut pendapat Courtland L. Bovee, iklan ialah suatu hubungan non individua yang umunya berbayar dan karakternya persuasif mengenai suatu produk ataupun jasa dari promotor yang dimuat dengan beragam media.


2. Menurut Kotler

Menurut pendapat Kotler, iklan ialah format pelayanan dan promosi suatu barang ataupun jasa, secara non individua oleh suatu promotor khusus dimana untuk ditayangkan umunya harus melunasi suatu media.


3. Menurut Rhenald Kasali

Menurut pendapat Rhenald Kasali, iklan ialah suatu permintaan yang memasarkan sebuah produk ataupun jasa yang memilih kepada keramaian dengan melewati suatu media.


4. Menurut Fandi Tjiptono (2008:225)

Menyatakan bahwa iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya.


5. Menurut Machfoedz (2010:139)

Bahwa iklan adalah segala bentuk penyajian informasi dan promosi secara tidak langsung yang dilakukan oleh sponsor untuk menawarkan ide, barang atau jasa.


6. Menurut Ibrahim dalam Rina (2008)

Menyatakan iklan memiliki sejumlah fungsi sesuai dengan yang dimaksudkan oleh perancang atau pengiklannya.


7. Menurut M.Suyanto (2005:113)

Iklan memiliki strategi yang harus diperhatikan yaitu: daya tarik, gaya hidup, logo, simbol dan format.


8. Menurut Wells (1992)

Periklanan adalan komuinikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor yang menggunakan media massa untuk membujuk dan mempengaruhi audience.


9. Menurut PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia)

Periklanan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayaioleh pemrakarsadan ditujuan untuk sebagian atau seluruh masyarakat.


10. Menurut Dunn & Barban (1996)

Periklanan adalah komunikasi non-personal melalui beragam media yang dibayar oleh perusahaan,organisasi non-profit dan individu-individu dengan menggunakan pesan iklan yang diharapkan dapat menginformasikan atau membujuk kalangan tertentu yang membaca pesan tersebut.


11. Menurut Russel & Lane (1990)

Suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa medium komunikasi massa.


12. Menurut Gilson & Berkman (1980)

Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.


Ciri Ciri Iklan

Berikut ini ada beberapa ciri ciri dari iklan, yakni sebagai berikut:

  • Memanfaatkan kata yang akratif, akurat, rasional dan sopan
  • Memanfaatkan kata yang mudah memahami dan mudah dikenal oleh pengguna
  • Meraih ketertatikan oleh pengguna
  • Iklan mesti komunikatif dan informatif

Tujuan Iklan

Berikut ini ada beberapa tujuan dari iklan, yakni sebagai berikut:

  1. Menerima informasi kepada keramaian menghadapi suatu produk barang ataupun jasadari perusahaan. Iklan memakai bahasa persuasif dengan memamerkan kelebihan produk ataupun jasa yang ditawarkan.
  2. Mengakibatkan orang lain yang adalah ambisi market untuk memakai dan membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan kepada pengguna.

Syarat-Syarat Iklan

Berikut ini ada beberapa syarat-syarat iklan, yakni sebagai berikut:

  • Memakai bahasa dan kata harus teratur dan tidak memiliki nilai dobel
  • Memakai bahasa yang atraktif dan mudah diketahui oleh masyarakat
  • Iklan dikerjakan dengan mencermati tata bahasa ataupun etika
  • Tidak boleh menurunkan atau menghina suatu perusahaan lain
  • Iklan dikerjakan dengan jujur sesuai dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Jenis-Jenis Iklan

Berikut ini adalah jenis-jenis iklan yaitu:

1. Iklan Media Cetak
iklan media cetak


Iklan baris
biasanya tidak lebih dari 3-4 baris, sampai luas tidak melebihi dari sekolom.Iklan ini dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak. Wujudnya iklan ini dapat ditemukan di koran, majalah, baleho, poster, stiker, dan lain-lainnya. Berdasarkan ruang dan ukuran, setidaknya 3 bentuk iklan ini, yaitu:

  • Iklan kolom memiliki luas satu kolom, tetapi lebih tinggi dibanding iklan baris.
  • Iklan display memiliki ukuran lebih luas jika dibandingkan iklan kolom.

2. Iklan Media Elektronik

iklan media elektronik
Iklan ini menggunakan media elektronik seperti televisi, radio, film dan lain-lain. Berikut penjelasannya:
  • Iklan Televisi

Iklan televisi memiliki karakteristik memiliki suara, gambar dan gerak. Berdasarkan wujudnya, iklan televisi dapat dikelompokkan beberapa jenis, yaitu:
  1. Live action: video klip yang memadukan unsur gambar, suara dan gerak secara serempak.
  2. Animation: iklan yang dibangun berdasarkan gambar-gambar kartun (2 D/3D), dapa digambar dengan keterampilan tangan atau teknologi komputer.
  3. Stop Action: iklan televisi yang wujudnya berupa perpaduan antara live action dan teknik animasi sehingga menghasilkan efek dramatik.
  4. Musik: disampaikan melalui musik yang menjadi penyampai pesan. Maksudnya, iklan dibungkus di dalam alunan musik yang menjadi kekuatan pesan iklan.
  5. Superimposed: iklan televisi berwujud gambar iklan yang ditontonkan di atasnya gambar lain. Gambar biasanya ditontonkan di pojok layar sambil siaran tetap berjalan.
  6. Sponsor program: pihak pengiklan atau sponsor membiayai program acara televisi tertentu dan yang menjadi imbalannya bisa menyampaikan pesan iklan.
  7. Running text: iklan di mana pesan ditampilkan keluar masuk secara perlahan, dari sisi kakan keluar sisi kiri.
  8. Property endorsement: iklan yang berwujud dukungan sponsor yang ditontonkan melalui berbagai bab yang digunakan menjadi kelengkapan properti siaran.
  9. Caption: iklan yang mirip dengan superimposed, namun pesan yang digunakan hanya berupa tulisan. Umumnya dipakai untuk mendukung iklan property endorsement.
  10. Backdrop: iklan televisi di mana pesan iklan ditontonkan di latar belakang acara yang diadakan.
  11. Credit Title: iklan di mana pesan iklan ditontonkan di bagian akhir ketika acara sudah selesai.
  12. Ad lib: iklan televisi di mana pesan iklan disampaikan dan disiarkan melalui penyiar secara langsung.
  13. Promo ad: iklan yang dibuat oleh pengelola televisi untuk mempromosikan acara-acaranya, hal ini untuk mengajak pemirsa tertarik mengenai acara yang ditayangkan.

  • Iklan Radio

Iklan radio hanya bisa didengar melalui audio (suara). Suara itu bisa berupa suara manusia yang teratur, musik, perpaduan suara-suara yang teratur menggunakan ritme dan harmonis. Umumnya, ada 3 jenis iklan radio yaitu:
  1. Ad lib: disampaikan langsung oleh penyiarnya berupa siaran suara. Biasanya durasi tidak lebih dari 60 detik.
  2. Spot: disampaikan dengan teknik rekaman sebelumnya, sehingga membutuhkan naskah terlebih dahulu. Durasi waktu anata 15-60 detik.
  3. Sponsor program: pemberian waktu khusus kepada sponsor untuk menyampaikan pesan dengan cara membiayai suatu program acara radio.

3. Iklan Film

Iklan film wujudnya produk film/cinema. Jenis iklan ini tampil sebelum film utama diputar (dirilis). Seringnya juga, suatu film ikut mempromosikan film-film lainnya sebelum film utamanya diputar.

4. Iklan Media Digital (internet)

iklan media digital

Dalam iklan digital interaktif, dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, antara lain:

  • Website: iklan yang secara keseluruhan berwujud website di semua fitur dalam situs tersebut, yaitu iklan. Terkadang suatu perusahaan juga membuat semua situs perusahaannya menjadi ladang iklan.
  • Banner dan tombol: banner di sini berupa billboard mini yang tersebar di semua halaman web. Button sering berwujud icon ukuran kecil. Keduanya jika diklik akan membawa ke situs dari pengiklan atau halaman yang baru.
  • Sponsorship: iklan yang dibiayai pihak sponsor secara penuh di halam dari pembuat situs.
  • Classified ads: iklan yang berwujud seperti iklan baris dalam koran dan umumnya gratis.
  • E-mail advertising: iklan yang dikirimkan melalui e-mail kepada para customer yang memang meminta. Iklan ini harus dibedakan dengan SPAM. SPAM adalah iklan massal di dalam e-mail yang dikirimkan oleh entitas yang tidak diketahui.

5. Iklan Luar Ruang

iklan luar ruangan

Iklan yang termasuk dalam kategori ini adalah iklan yang medianya mencakup audiens yang berada di luar rumah. Iklan ini muncul dan berpisah dari iklan media cetak, lalu perkembangannya yang dramatis. Jenis iklan ini, antara lain yaitu:

  1. Display: iklan yang ada di layar-layar display di luar ruangan.
  2. Mobile billboard: iklan yang memadukan antara billboard tradisional dan transit.
  3. Iklan transit: berupa penjelasan dari out of home media yang meliputi iklan di bus, taxi, terminal, stasiun dan lain-lainnya.
  4. Iklan ini berupa baliho standar sampai beragam ukuran. (berbagai sumber/int)

Fungsi Iklan

Berikut ini adalah fungsi iklan yaitu:

  • Menginformasikan suatu produk ke public.
  • Menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk.
  • Memotivasi konsumen untuk bertindak atau melakukan sesuatu.
  • Menstimulus pasar.
  • Mendukung komunitas bisnis.
  • Membangun dan memelihara hubungan yang abadi antara konsumen dan perusahaan.

Manfaat Iklan

Dalam kehidupan, iklan berperan cukup penting. Hanya kerna sebuah iklan, kehidupan seseorang dapat dipengaruhi. Semua brand ( merk ) di dunia ini menggunakan jasa iklan sagabai media komunikasi mereka. dengan arti lain, mereka mempromosikan atau memperkenalkan brand ( merk )  ke khalayak ramai melalui iklan.

Manfaat iklan dalam kehidupan antara lain :

  1. sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan suatu barang dan jasa
  2. suatu yang digunakan produsen untuk membangun kepercayaan konsumen
  3. iklan memperluas alternative bagi konsumen. dengan adanya  iklan konsumen dapat mengetahui adanya berbagai  macam produk. Dan konsumen menjadi memiliki banyak pilihan

Struktur Iklan 

Teks iklan terdiri dari 3 struktur, yang pertama yaitu judul, yang kedua Nama produk, dan yang terakhir adalah penjelasan tentang produk. Untuk mengetahui lebih dalam setiap bagian dari struktur teks iklan di atas kalian bisa simak baik-baik di bawah ini.

1. Judul

Judul biasa nya terletak di bagian atas ,tapi dalam teks iklan tak jarang kita tidak menemui judul melainkan nama produk yang ada di bagian atas teks iklan.


2. Nama roduk

Bagian ini berisikan mengenai nama dari suatu produk barang atau jasa yang akan ditawarkan dalam iklan tersebut.


3. Penjelasan Tentang Produk

Bagian ini berisi tentang deskripsi dari produk yang ditawarkan meliputi keunggulan, spesifikasi, cara mendapatkan produk, lokasi penjualan, nomer telpon dan sebagainya yang intinya berkaitan dengan hal-hal pokok mengenai produk yang ditawarkan.


Contoh Iklan

contoh iklan

Berikut di bawah ini terdapat beberapa contoh dari teks iklan.Tentunya masih banyak lagi contoh lain yang ada tetapi pastinya saya tidak bisa memberikan semua nya disini.

Selain teks iklan gambar di atas, saya juga akan memberikan teks iklan berupa tulisan yang umumnya terdapat pada pamflet, brosur, dan banner.

  • Contoh teks iklan tentang makanan

Crispy crackers adalah makanan yang tidak kenal usia, cracker yang terbuat dari mentega, telur, garam, dan keju ini sangat kress ketika dimasukkan kemulut, Belilah cryspy cracker di supermarket terdekat.


  • Contoh iklan dialog

Resepsionis : Ada yang bisa saya bantu pak?
Tamu : ya, tolong saya mau cek kode booking.
Resepsionis : Baik, atas nama bapak siapa?
Tamu: Bapak Budy.
Resepsionis: Maaf kode booking untuk bapak Rudy tidak ada.
Tamu: Bapak Budy.
Resepsionis: maaf kode boking atas nama bapak Yadi tidak ada.
Tamu: Hmmm pakai bantuan traveloka aja deh.


  • Contoh teks iklan tentang jasa

Tambal ban kilat, anda telfon kami datang. Tidak sampai 15 menit ban motor anda yang bocor akan kami tambal. Hubungi 08123908982.


Demikian Penjelasan Materi Tentang Iklan Adalah: Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan, Syarat, Jenis, Fungsi, Manfaat, Struktur dan Contoh Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.

The post Iklan Adalah first appeared on PAKDOSEN.CO.ID.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Jika dirasa setelah membaca ulasan tentang Penjelasan: Iklan Adalah ada yang masih kurang jelas, tidak usah ragu-ragu untuk menghubungi pakdosencoid . blogspot. com melalui kolom komentar yang ada dibawah postingan ini. PakDosen akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan dari Anda. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca uraian diatas hingga selesai. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

√ WA Web

√ Pengertian Audit Manajemen

Penjelasan: Yurisprudensi Adalah