Penjelasan: Pemasaran Jasa
Mungkin ada situs lain selain situs Pakdosencoid yang juga mengulas tentang Pemasaran Jasa, akan tetapi berhubung Anda sudah terlanjur berada disini, maka ada baiknya jika Anda melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai, sebab ada pepatah yang bilang; "sambil menyelam minum bir" eh air. Jadi selain mendapatkan wawasan baru Anda bisa memperoleh hal lain juga hehehe. Oke, tidak usah ngelantur sana-sini lagi, yuk langsung saja disimak penjelasannya dibawah ini.
Pembahasan Lengkap Pemasaran Jasa
Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Pemasaran Jasa? Mungkin anda pernah mendengar kata Pemasaran Jasa? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, karakteristik dan strategi. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.
Pengertian Pemasaran Jasa
Pemasaran jasa ialah suatu prosedur aktivitas yang mempunyai manfaat kemudian menawarkan oleh suatu bagian yang pada umumnya berbentuk tidak nyata.
Pengertian Pemasaran Jasa Menurut Para Ahli
Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai pemasaran jasa, yakni sebagai berikut:
-
Menurut Christoper Lovelock & Lauren K Wright
Menurut pendapat dari Christoper Lovelock & Lauren K Wright, pemasaran jasa ialah bagian dari sistem jasa secara kelengkapan yakni dimana perusahaan tersebut mempunyai suatu kontak dengan konsumennya, mulai dari pengiklan sampai permohonan, kondisi tersebut meliputi kontak yang dilakukan pada saat pemberian jasa.
-
Menurut Rismiati
Menurut pendapat dari Rismiati, pemasaran jasa, ialah setiap aktivitas yang mempunyai manfaat yang menawarkan oleh satu bagian kepada bagian yang lainnya berupa barang tidak nyata dan tidak berdampak pada pengambil akan sesuatu.
-
Menurut Kotler
Menurut pendapat dari Kotler, pemasaran jasa ialah suatu prosedur penjadwalan dan implementasi dari pengoperasian, penyerahan harga, advertensi dan pembagian dari barang maupun jasa serta suatu argumen untuk dapat menyediakan peralihan dengan kelompok yang menjadi objek untuk merespon tujuan pelanggan dan organisasi.
-
Menurut Payne
Menurut pendapat dari Payne, pemasaran jasa ialah suatu aktivitas ekonomi yang memiliki beberapa faktor yang tidak nyata, tetapi saling berhubungan yang terdapat korelasi dengan pelanggan.
Ciri-ciri Jasa
Berikut adalah ciri-ciri pemasaran jasa antara lain sebagai berikut:
- Sesuatu yang tidak berwujud, tetapi dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
- Proses produksi jasa dapat menggunakan atau tidak menggunakan bantuan suatu produk fisik.
- Jasa tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemilikan.
- Terdapat interaksi antara penyedia jasa dengan pengguna jasa.
Tujuan Pemasaran Jasa
Berikut adalah ciri-ciri Pemasaran Jasa antara lain sebagai berikut:
- Mempromosikan jasa agar berminat untuk memakai jasa kita.
- Memenuhi kebutuhan hidup produsen dan konsumen.
- Supaya mendapatkan keuntungan atau laba dari jasa atas pelayanan yang diberikan
- Membuat orang lain merasa tertolong dan terbantu berkat adanya jasa yang ditawarkan secara tidak langsung mempermudah segala sesuatu terutama bagi orang yang tidak memiliki transportasi dengan adanya ojek online atau angkutan umum dapat mempermudah dan menolong orang lain
Karakteristik Pemasaran Jasa
Berikut ini terdapat beberapa karakteristik pemasaran jasa, yakni sebagai berikut:
-
Tidak Nyata
Bentuk suatu produk jasa seperti kegiatan, kinerja ataupun usaha lainnya yang tidak dapat dimiliki, digunakan ataupun diposisikan di sebuah wilayah yang diperlukan. Bentuk produksi jasa tersebut dapat menyampaikan keahlian dan dapat konsekuensi kesenangan pelanggan. Kondisi itu sebagai kondisi berat untuk menilai suatu produk jasa. Untuk itu, tugas perusahaan yakni menyampaikan jasa yang nyata dalam satu maupun lebih cara dan memberi tanda-tanda yang tetap tentang status perusahaan.
-
Tidak Terpisahkan
Jasa tidak dapat dipecahkan dari fasilitator jasa, baik orang maupun mesin. Apabila tiap individu pegawai menyampaikan jasa, maka pegawai sebagai bagian dari prosedur hasa tersebut karena pelanggan juga datang pada saat jasa diinformasikan.
-
Bervariasi
Jasa mempunyai banyak modifikasi karena jasa selalu bergantung pada siapa yang menyajikan dan kapan kondisi tersebut berlangsung serta dimana jasa tersebut dilaksanakan.
-
Tidak Tahan Lama
Suatu jasa tidak dapat dicadangkan untuk dipakai dalam jangka periode yang lama. Tidak tahan lamanya jasa tersebut jadi persoalan apabila permohonan dari pelanggan tetap. Namun, apabila permohonan akan jasa tersebut goyang, maka perusahaan jasa dapat mengalami problem.
Strategi Pemasaran Jasa
Berikut ini terdapat beberapa strategi pemasaran jasa, yakni sebagai berikut:
-
Memberikan Jasa Secara Efektif
Dengan memberikan jasa secara efektif dengan kebutuhan pelanggan, secara tidak langsung kondisi tersebut dapat konsekuensi pelanggan untuk kembali lagi memakai jasa yang ditawarkan. Karena pada biasanya pelanggan tidak suka apabila menanti terlalu lama akan jasa yang mereka inginkan.
-
Peran Pegawai dalam Menanggapi Pelanggan
Jasa yang dilaksanakan pegawai dengan baik pada pelanggan termasuk pesona tersendiri untuk pelanggan. Karena pandangan perusahaan dijelaskan oleh penampilan pegawai.
-
Pemakaian Peningkatan Teknologi dan Pembaruan
Untuk dapat memperoleh produk jasa yang mampu menyampaikan suatu kesenangan yang lebih bagi Pelanggan. Apabila teknologi yang dipakai semakin maju, maka semakin gesit juga jasa yang akan diberikan untuk pelanggan.
-
Memadukan dengan Kultur yang Modern
Karena kultur yang modern pada saat ini akan berdampak kemungkinan akan bursa jasa.
Contoh Pemasaran Jasa
Perawatan Kecantikan
Pada umumnya perawatan kecantikan merupakan bentuk pemasaran jasa, karna secara tidak langsung menawarkan Pelayanan dan melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau yang biasa dikenal sejak dulu dan memiliki pelanggannya tersendiri. Perawatan Kecantikan, misalnya klinik kecantikan, salon dan pijat refleksi.
Transportasi
Jasa transportasi akan selalu ditawarkan sebab selalu ada permintaan, dan adanya suatu pelayanan yang diberikan berupa jasa yaitu angkutan umum, bus, taksi bahkan ojek online.
Perusahaan Jasa Pengiriman Barang
Perusahaan pengiriman barang juga merupakan pemasaran jasa yang dilakukan karna dengan adanya perusahaan pengiriman barang dapat mempermudah akses untuk menitipkan barang secara aman dan terpercaya ,terlebih sekarang banyaknya masyarakat yang membeli barang online, dan menitipkan pesanan mereka menggunakan FedEX, TIKI, Pos Indonesia, JNE, Wahana, JNT
Demikian Penjelasan Materi Tentang Pemasaran Jasa: Pengertian, Karakteristik dan Strategi Pemasaran Jasa
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Ssemuanya
The post Pemasaran Jasa first appeared on PAKDOSEN.CO.ID.
ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Comments
Post a Comment